Efisien Menata Perabot di Ruang Tamu Kecil

Anda memiliki ruang tamu kecil? Itu bukan hal yang buruk. Bahkan, beberapa orang mengatakan ruang tamu mungil justru lebih nyaman.

Kesulitan ruang tamu kecil adalah bagaimana memasukkan perabotan dan menatanya. Namun jangan khawatir, karena beberapa tips dari homedit.com ini bisa Anda lakukan:

Buat Satu Objek Fokus

Salah satu pilihannya adalah dengan membuat pengaturan kursi menghadap ke satu fokus. Misalnya kursi bisa dibuat menghadap rak buku, tungku perapian, televisi, atau lukisan. Dengan begini, penataan kursi dalam bentuk apapun akan tetap membuat semua orang yang duduk di ruang tamu akan melihat objek fokus yang dituju.

Sebagai Ruangan untuk Mengobrol

Cara lain adalah dengan menata kursi sehingga menjadi ruangan untuk mengobrol. Mengatur perabotan sehingga terdapat akses agar orang dapat lalu lalang dengan mudah dan agar setiap orang yang duduk dapat berhadapan satu sama lain. Anda bisa mengelompokkan kursi dan sofa di tempat yang membuat interaksi lebih mudah tercipta.

Perhatikan Keseimbangan dan Keharmonisan

Jika Anda adalah orang yang memerhatikan keseimbangan dan keharmonisan, atur perabotan dengan memikirkan bagaimana penataan kursi akan berkesinambungan dengan dekorasi di ruang tamu.

Jika Anda menempatkan sofa di salah satu ruangan, seimbangkan dengan menaruh dua kursi di bagian seberang ruangan untuk membuat keseimbangan. Perhatikan juga bahwa ruangan kecil tidak perlu diisi perabotan besar—satu sofa besar sudah cukup.

Buat Batas Ruang Anak dan Orang Dewasa

Bagi keluarga yang sudah memiliki anak terkadang terasa sulit untuk memberikan batas yang jelas antara area bermain dan area untuk orang dewasa, apalagi di ruangan yang kecil. Gunakan partisi yang sederhana untuk mempertegas batas area seperti meja kecil atau sofa.

Pilih Perabotan Tertentu

Sebelum berencana untuk menata ruang tamu Anda, pilih kembali perabotan tertentu yang paling utama dan harus dimasukkan ke dalam ruang tamu. Singkirkan perabotan yang sekiranya hanya akan membuat ruang tamu menjadi semakin sempit.

Mulai mengatur perabotan dari yang terbesar, seperti sofa, kemudian atur kursi di bagian seberang ruangan. Di antara sofa dan kursi, taruh meja kecil dan pastikan meja ini tidak menghalangi jalan.

Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu elemen yang penting. Ruang tamu yang kecil dapat terlihat gelap dan suram jika kurang pencahayaan. Usahakan ruang tamu memiliki lampu yang cukup terang.

Lebih bagus jika ruang tamu memiliki jendela besar sehingga cahaya alami bisa masuk. Selain menggunakan lampu, Anda bisa mengakalinya dengan memilih cat dinding berwarna cerah.

Source: rumah.com

By | 2016-05-02T07:36:20+00:00 May 2nd, 2016|Article|0 Comments